MUSRENBANGDES TAHUN 2019 DESA KEMAWI

Dilihat : 2196 Kali, Updated: Rabu, 30 Oktober 2019
MUSRENBANGDES TAHUN 2019 DESA KEMAWI

Untuk merencanakan kegiatan dalam kurun waktu 6 tahun kedepan Pemerintahan Desa Kemawi  melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembengunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2019 untuk menyusun RPJMDes 2020-2025, RKPDes 2020, DURKP Tahun 2021 dan Delegasi Musyawarah Perancanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2021. Musrenbangdes diikuti oleh BPD, Pemerintah Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa yang terdiri dari LKMD, PKK, Posyandu, Linmas, RW, RT, Karang Taruna, Pemuda, juga diikuti oleh unsur Pendidikan, TK, PAUD, serta Tokoh Masyarakat, perwakilan perempuan, dan dihadiri oleh Tim Fasilitasi Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Somagede serta Pendamping Desa.

Musyawarah dipimpin oleh Sekretaris Desa selaku Ketua Tim 11, Musrenbang didahului dengan pemaparan oleh Kepala Desa Kemawi mengenai Visi dan Misi Kepala Desa dalam enam tahun kedepan. Dan menyampaikan secara garis besar gambaran mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk membangun desa Kemawi. Untuk membangun desa Kemawi perlu keterlibatan semua pihak dan unsur, dan pada musyawarah ini dibahas secara matang rencana pembangunan yang akan dilaksanakan, sehingga peserta musyawarah untuk dapat secara aktif menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dibahas pada musyawarah dusun beberapa waktu lalu, dengan beberapa penyempurnaan sehingga semua permasalahan yang ada di desa Kemawi dapat terinventarisir dalam bentuk kegiatan.

Sementara   itu Camat Somagede dalam hal ini disampaikan oleh Tim Monitoring dan Fasilitasi Pelaksanaan Musrenbangdes Kecamatan Somagede dalam paparannya menyampaikan Rencana Pagu Definitif anggaran dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Bagi Hasil Pajak, serta beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten yaitu Pembangunan jembatan dan Pelebaran Jalan penghubung dari Desa Suro, Srowot Kecamatan Kalibagor, Kanding dan Kemawi Kecamatan Somagede, Pelebaran jalan di Perempatan pasar Sokawera, serta Peningkatan Puskesmas Pembantu menjadi Puskesmas II Somagede.

Ketua Tim sebelas Sekdes Purwadi  menyampaian secara jelas mengenai pelaksanaan RPJMDes 2013-2019 yang telah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan, dan yang belum dilaksanakan dimasukan kembali dalam RPJMDes 2020-2025. Kemudian  menyampaikan program kegiatan yang telah diinventarisir dari hasil Musyawarah Dusun dari lima bidang kegiatan yaitu Bidang pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Penanganan Bencana Alam.

Setalah paparan dari Ketua Tim 11 peserta musyawarah diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang belum masuk dalam RPJMDes sehingga sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Desa, maka  sudah terkaver semua kebutuhan masyarakat dalam RPJMDes 2020-2025. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh peserta musyawarah dengan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. agussomagede@gmail.com

MUSRENBANGDES KEMAWI

MUSRENBANGDES

Komentar