GERAKAN PUNGUT SAMPAH SERENTAK KECAMATAN SOMAGEDE

Dilihat : 2470 Kali, Updated: Sabtu, 21 September 2019
GERAKAN PUNGUT SAMPAH SERENTAK KECAMATAN SOMAGEDE

Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta dalam rangka Hari Sampah/Kebersihan Dunia (Word Cleanup Day/WCD), Camat Somagede beserta Jajaran Forkompinca  mengadakan  Gerakan Pungut Sampah Serentak yang diikuti oleh seluruh PNS di Kecamatan Somagede, TNI, POLRI, Kepala Desa, Perangkat Desa, Guru,Karyawan/Karyawati, PKK, Kader Posyandu, masyarakat, dan anak sekolah, melaksanakan Gerakan Pungut Sampah Serentak. Untuk memantau kegiatan Gerakan Pungut Sampah Serentak dibentuk Tim Pemantau yang anggotanya semua PNS dan Pegawai/Karyawan dari Kantor Kecamatan Somagede, PLKB, BPP, PKH, dan Pendamping Desa yang bertugas dimasing-masing desa.

Gerakan Pungut Sampah Serentak dilaksanakan pada Hari Sabtu 21 September 2019 dimulai jam 06.00 - 09.30 WIB dan dipusatkan di Desa Piasa Kulon, diawali dengan Apel/Pengarahan oleh Camat Somagede yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kepala Desa Piasa Kulon. Setelah pelaksanaan Apel Tim Pemantau geakan Pungut Sampah Serentak langsung bergerak menuju desa-desa memantau kegiatan dimasing-masing desa. Titik pantau gerakan pungut sampaah serentak yaitu di Komplek Kantor Kepala Desa, Jalan, Sekolah dan fasilitas lainnya. Setiap desa dengan antausias dan semangat melaksanakan kegiatan Pungut Sampah Serentak, di komando langsung olehmasing-masing Kepala Desa.

Untuk memancing semangat Gerakan Pungut Sampah Serentak, maka kegiatan tersebut dilombakan dan diberikan hadiah berupa uang yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Banyumas dan DPA Kecamatan Somagede dengan perincian hadiah sebagai berikut :

a. Juara I mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000,-

b. Juara II mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 650.000,-

c. Juara III mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 350.000,-

Adapun kriteria penilaian yaitu partisipasi masyarakat (jumlah peserta), jumlah titik lokasi gerakan pungut sampah ( fasilitas umum, jalan propinsi, jalan kabupaten, jalan desa, jalan lingkungan, kantor desa, sekolahan, dan fasilitas lainnya), hasil pemilahan sampah, dan kebersihan lingkungan.

Gerakan Pungut Sampah serentak berakhir pada jam 09.00 WIB dan hasil pungut sampah dikumpulkan di masing-masing desa kemudian diambil oleh kendaraan operasional sampah kecamatan (Kendaraan roda 3) dan kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas.(agussomagede@gmail.com).

Foto Gerakan Pungut Sampah serentak

Komentar